Senin, 29 Oktober 2012

FUNGSI MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI


A.        PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen merupakan proses khas yang menggerakkan organisasi adalah sangat penting, karena tanpa manajemen yang efektif tidak akan ada usaha yang berhasil cukup lama. Tercapai tujuan organisasi baik tujuan ekonomi, social , politik , untuk sebagian besar tergantung kepada kemampuan para manajer dalam organisasi yang bersangkutan. Manajemen memberikan efektivitas pada usaha manusia.
Banyak pendapat para pakar tentang manajemen. Berbagai pendapat tersebut saling berbeda satu sama lain walaupun terdapat unsure kesamaannya. Dari persamaan atau perbedaan pendapat yang di sebabkan perbedaan sudut pandang tersebut diharapkan dapat diperoleh pandangan yang jelas dan menyeluruh tentang manajemen.
                Skinner dan Ivancevich ( 1992), menyampaikan manajemen will be the finet as the application of palning, organizing, staffing, directing, and controlling functions inthemos efficient manner possible two accomplish objective tives (manajemen dapat didefinisikan sebagai penggunaan perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan, pengarahan, dan fungsi pengendalian dalam cara yang paling efisien tujuan-tujuan).
                Manajemen telah banyak disebut sebagai “seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”. Definisi ini, yang dikemukakan oleh Mary Parker Follett, mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan dengan cara mengatur orag lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan  tidak melakukan pkerjaan-pekerjaan itu sendiri. (T. Hany Handoko, 2002).

B.        Fungsi Manajemen
Didasarkan pada pengertian manajemen sebenarnya fungsi manajemen sudah terkandung didalamnya. Dengan demikian menurut Skinner (1999), fungsi manajemen meliputi :
  • Perencanaan  (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengerjaan (Staffing)
  • Pengarahan (directing), dan
  • Pengendalian (controlling).
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan merupakan fungsi paling awal yang merupakan pedoman kemana kearah  mana tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan perencanaan ini, maka dapat mengurangi ketidakpastian. Lebih bisa mengarah perhatian pada tujuan dan lebih memudahkan dlam pengawasan. Unsure-unsur yang perlu ada dalam perencanaan adalah :
a)      Kebijaksanaan
b)      Prosedur
c)       Kemajuan yang diharapkan
d)      Program

Sesuai dengan tingkatan manajemen, dalam perencanaan ada 3 macam perencanaan :
a)      Perencanaan tingkat atas
b)      Perencanaan tingkat menengah
c)       Perencanaan tingkat bawah.

Rencana yang baik memerlukan syarat-syarat sebagai berikut :
a)      Tujuan dirumusakan dengan jelas
b)      Sifatnya harus sederhana
c)       Luwes (Flexsible)
d)      Realistis (dapat dilaksanakan nantinya).

Dalam perencanaan atau Planning termasuk didalamnya adalah menentukan tujuan, strategi yang akan digunakan dan mengembangkan perencanaan tersebut untuk koordinasi kegiatan. (Stephen P. Robbins, 2002).
2. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang mengelompokkan orang dan memberikan tugas, menjalankan tugas misi.

3   3. Pengerjaan (Staffing)
Pengerjaan merupakan fungsi manajemen untuk menyeleksi, menempatkan, melatih (traning), dan mengembangkan pegawai.
4   4. Pengarahan (directing)
Pengarahan merupakan fungsi manajemen untuk mengarahkan dan memberikan perintah. Dalam fungsi ini termaasuk kepemimpinan, yang merupakan bagaimana memperngaruhi kegiatan individu dan kelompok menuju sasaran. Ada tipe-tipe kepemimpinan dalam hal ini, yaitu : otoriter, demokratis dan laissez-faire.




President: 
 Chief Executive Officecier (CE)
 Partner (accounting)
 Vice President of financial operataion
 Director of research and development 

  


Plant manager
 Dean (university)
 Project director 
 Regional coordinator (sales)



 
                                            First-line supervisor
Product manager
Chair person of Departemen (University)



Tingkatan manajemen (Skinner, 2002)

Dari skema diatas terlihat bahwa ada 3 tingkatan manajemen yaitu:
  1.  Executive level management/top management atau manajemen tertinggi yang termasuk kedalam golongan ini adalah anggota-anggota board of manager (dewan direksi) dan presiden perusahaan.
  2. Middle level management atau manajemen menengah, termasuk dalam kelompok ini ialah kepala bagian, kepala-kepala divisi, dan kepala-kelapa seksi.
  3. First line-level management (manajemen tingkat pertama). Termasuk kedalam golongan ini ialah kepala mandor dan mandor.

5.       Pengendalian (Controlling)
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud mencapai tujuan yang sudah yang sudah digariskan semula.

Fungsi yang dilaksanakan Manajemen Menurut Pendapat Para Ahli sebagai berikut :
-          Menurut G. R. Terry mengemukakan bahwa fungsi manajer terbagi 4 yaitu:
Planning (Perencanaan),Organizing (Pengorganisasian), Activating (Pelaksanaa), Controlling (Pengendalian).
-          Menurut Henry Fayol, fungsi Manajer terbagi atas :
Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Commanding, Coordinating (Pengorganisasian), Controlling (Pengendalian).
-          Menurut S.P Siagian, fungsi Manajer terbagi atas :
Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Motivating, Controlling (Pengorganisasian), Evaluating.
-          Menurut The Ling Gie, fungsi Manajer terbagi :
Perencanaan (Planning), Pembuat Keputusan, Pengarahan, Pengorganisasian (Organizing), Pengendalian (Coordinating), Penyempurnaan.


Sumber :

PANDJI ANORAGA,S.E.,M.M : PENGANTAR BISNIS PENGELOLAAN BISNIS DALAM ERA GLOBALISASI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar